Sidebar

14
Jum, Agu

Widyaiswara dan PTP PPPPTK Seni dan Budaya Gelar Seminar Ilmiah

Berita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

SEMINAR Ilmiah bertajuk “Bencmark In Educational System Auckland, Germany, Unesco Experience” diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya, Selasa (10/3/2020). Bertempat di ruang sidang Widyaiswara lantai 3, seminar ini diikuti oleh Pejabat Struktural, Widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) yang resmi dibuka oleh Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Dra, Sarjilah, M.Pd.

 

“Kultur ilmiah menjadi penting karena dari disinilah akan mendapatkan informasi untuk meningkatkan kompetensi” kata Sarjilah dalam sambutannya. Menurutnya peningkatan kompetensi bisa diperoleh dari seminar, worshop dan magang.

Seminar Ilmiah Widyaiswara dan PTP merupakan agenda rutin sebagai bentuk pengembangan profesi sebagai tenaga fungsional. Dua materi utama yang dipresentasikan adalah benchmark dalam sistem pendidikan yang diperoleh beberapa widyaiswara dan PTP pada proses belajar Auckland, New Zealand, dan masa secondment (penempatan sementara) di UNESCO Paris, Prancis dan KBRI Berlin bagi seorang widyaiswara dan PTP pada tahun 2019.

Seminar Ilmiah tersebut dikemas dalam bentuk pertemuan ilmiah sebagai salah satu wujud tindak lanjut hasil pelatihan dan pengalaman penempatan sementara para widyaiswara dan PTP di luar negeri. Menghadirkan narasumber Liem Arisayanti, S.Sn., M.Ds., Eko Suprati, S.Sn., M.A., Bowo Dwi Aryanto, S.Sn., M.T., Drs. I Gede Oka Subagia, M.Hum., Urip Wahyono, S.Sn, M.Sn., dan Suharjito, S.Sn.M.Sn.

Tahun 2019 PPPPTK Seni dan Budaya mengadakan pelatihan pendidik dan Tenaga Kependidikan ke luar negeri tepatnya di New Zealand bertempat di Auckland University of Technology. Pelatihan tersebut meliputi kegiatan pengenalan kurikulum sekolah vokasi, ketrampilan animasi, dan broadcasting. Pengalaman ini dijadikan salah satu dasar untuk menjadi cakupan materi pada kegiatan seminar ilmiah kali ini.

Selain itu materi yang diberikan pada seminar tersebut diantaranya secondment experience in UNESCO and Frech Educational System dan secondment experience in KBRI Berlin, vocational system and Indonesian Cultural Diplomacy in Germany. Dengan kegiatan ini diharapkan kedepan Widyaiswara dan PTP dapat terus menerus meningkatkan profesionalisme dan idealisme dalam menjalankan tugas dan kewajibannnya melalui berbagai kegiatan akademis lainnya. (Herlin).