BBPPMPV SENI & BUDAYA

BBPPMPV Seni dan Budaya Dorong SMK Menjadi PK

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
BBPPMPVSB

SOSIALISASI Program SMK Pusat Keunggulan (PK), diselenggarakan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya pda Jumat (7/1/22). Kegiatan yang berlangsung secara daring ini menghadirkan narasumber Direktur SMK Kemendikbudristek Dr. Wardani Sugiyanto, M.Pd., dan Koordinator Pengembangan Pendidikan Vokasi Dr. I Gusti Made Ardana, S.Pd.,M.T.


Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa BBPPMPV Seni dan Budaya terus berupaya untuk mendorong SMK menjadi SMK Pusat Keunggulan.
“SMK Bidang seni dan industri kreatif, marilah bersama-sama untuk mensukseskan program SMK Pusat Keunggulan". Ujar Sarjilah.


Pada kesempatan yang sama Wardani mengungkapkan bahwa ”pahamkan betul, agar satu kompetensi keahlian ini bisa untuk “netes”, sehingga laku dipasar, bisa dinikmati di pasar”.


Sementara dalam paparan materinya I Gusti Ardana menjelaskan tentang program SMK Pusat Keunggulan, Kurikulum paradigma baru SMK, dan Skema Pemadanan Dukungan.


Dalam paparannya disebutkan bahwa SMK-PK nantinya dapat menjadi Sekolah Penggerak guna mempercepat peningkatan kapasitas serta kualitas guru dan pembelajaran siswa-siswi SMK di seluruh Indonesia, serta mewujudkan SMK yang terselenggara dengan pengelolaan berbasis kolaborasi nyata dengan mitra dunia usaha dunia industri dunia kerja secara menyeluruh dan berkelanjutan


Menurut Ardana “Seluruh pemangku kepentingan pendidikan bahkan termasuk siswanya, menjadi agen perubahan, serta memberikan pengaruh dan dukungan sepenuhnya”.


Dalam kegiatan itu berlangsung diskusi, terkait persyaratan untuk mengajukan menjadi SMK PK dari beberapa sekolah yang diundang, seperti dari SMKN 3 Tasikmalaya, SMKN 5 Yogyakarta dan SMK Daya Wangsa Wonogiri.


Untuk menjadi SMK Pusat Keunggulan tahun 2022, terdapat beberapa alur seleksi yang harus ditempuh seperti pendaftaran, seleksi administrasi, assessment oleh tim seleksi yang terdiri dari unsur Ditjen pendidikan vokasi, industri, dan akademisi, hingga menjadi SMK Pusat Keunggulan.


Sementara timeline kegiatan diantaranya meliputi, Penetaan SMK PK dan PT, dengan pendampingan yang akan dimulai pada Februari 2022.


SMK Pusat Keunggulan 2022 akan dibuka hingga 14 Januari 2022, dan pendaftaran diperlukan untuk SMK yang belum menjadi SMK PK, maupun SMK PK 2021.


BBPPMPV Seni dan Budaya sebagai UPT yang berperan untuk mengembangkan mutu pendidikan, khususnya bidang vokasi, mendorong untuk SMK mampu menjadi SMK Pusat keunggulan yang siap bersaing dengan dunia industri. (Herlin).

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
 
 
 

Chat & Ikuti kami

Chat whatsapp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih