BBPPMPV SENI & BUDAYA

LMS Moodle Basis Rancang Bangun Pembelajaran Daring

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
BBPPMPVSB

MENYUSUN pedoman dan petunjuk teknis pembelajaran daring berbasis Learning Management System (LMS) Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) menjadi salah satu tujuan diadakannya kegiatan Workshop Perancangan Pembelajaran Daring Berbasis LMS Moodle, oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya pada Selasa-Jumat (5-8/4/22). Bertempat di Ruang Sidang Tengah Kantor Pusat, kegiatan ini dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. yang didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Masrukhan Budiyanto, M.M., dan Koordinator Bidang Sistem Informasi Pengembangan Kemitraan Sigit Purnomo, M.Pd.

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat, mampu memberikan kemudahan di berbagai bidang, dimana salah satunya adalah dunia pendidikan. Pada masa sekarang, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan baik secara tatap muka, maupun dengan memanfaatkan jaringan internet (Luring). Begitu juga dengan kegiatan pelatihan Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan, yang menjadi tugas dari BBPPMPV Seni dan Budaya bisa dilakukan secara daring maupun luring.


Melalui pendidikan dan pelatihan daring, keterjangkauan sasaran pelatihan semakin luas, dan lebih merata, dan inilah yang menjadikan BBPPMPV Seni dan Budaya mempunyai ruang berkreasi untuk mengembangkan model maupun media pembelajaran.


Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penyiapan sarana prasarana, seperti Learning Management System (LMS), yang digunakan untuk mengelola kelas dan mendistribusikan materi pembelajaran. Saat ini terdapat berbagai macam LMS yang telah dikembangkan, salah satunya adalah Moodle, dimana bersifat web based, sehingga bisa dilakukan secara mandiri dan tanpa batasan jumlah peserta.


Pada kesempatan sama Sarjilah dalam paparannya mengungkapkan harapan pengembangan BBPPMPV Seni dan Budaya ke masa depan dimana diantaranya adalah menjadikan BBPPMPV Seni dan Budaya sebagai Training camp kreatif, dan memperkuat Kerjasama dengan industri.


Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini, diikuti oleh 33 peserta yang terdiri Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), Widyaiswara, staf Sub Koordinatoriat Data dan Informasi di lingkungan BBPPMPV Seni dan Budaya, dan melibatkan juga peserta eksternal PTP, dari Balai Tekkomdik DIY, LPMP DIY dan BPMPRK Kemendikbudristek.


Menghadirkan narasumber baik eksternal dan internal, diantaranya Nano Karno dari BBPPMPV Bisnis dan Pariwisata, Drs. Rahayu Windarto, M.M., Urip Wahyono, M.Sn., FX. Anon Wahyu Aji, S.Sn.,M.M. dan Cahya Yuana, M.Pd.
Terselenggaranya kegiatan Workshop Perancangan Pembelajaran Daring Berbasis LMS Moodle ini bertujuan menyusun rancang bangun pembelajaran daring berbasis LMS Moodle, sehingga akan berdampak terwujudnya pembelajaran daring yang efektif dan efisien (Herlin).

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
 
 

Rss Factory Menu

 

Chat & Ikuti kami

Chat whatsapp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih