BBPPMPV SENI & BUDAYA

Pelihara Tradisi Ilmiah, BBPPMPV Seni dan Budaya Lakukan Editing Artikel

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
BBPPMPVSB

WORKSHOP Editing Artikel Jurnal Sendikraf dilaksanakan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya, Selasa-Rabu (26-27/4/22). Bertempat di Ruang Nakula, kegiatan ini diikuti oleh anggota tim pengelola Sendikraf di lingkungan BBPPMPV Seni dan Budaya. Dibuka secara resmi oleh Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan materi bimbingan bagi penulis artikel terseleksi pada kegiatan berikutnya.

Salah satu kegiatan dalam rangkaian proses penerbitan jurnal Sendikraf edisi Mei 2022 adalah melakukan editing artikel jurnal terseleksi, setelah artikel melalui proses review oleh mitra bestari. Review yang telah dilakukan, akan ditindaklanjuti oleh tim editor untuk memberikan bimbingan, arahan, ataupun petunjuk kepada penulis artikel.


Kegiatan Workshop editing artikel jurnal sendikraf BBPPMPV Seni dan Budaya, perlu dilakukan dengan metode menelaah artikel secara berpasangan dan silang, dengan focus melakukan editing terhadap 5 aspek yaitu subtansi diantaranya adalah substansi, gaya selingkung dan logika berpikir dalam penuangan gagasan.


Selama 2 hari peserta akan dibekali dengan materi seperti catatan dalam mereview artikel jurnal sendikraf, standar dan prinsip penulisan artikel, serta praktik editing dan presentasi artikel sendikraf edisi Mei 2022.


Seperti pada materi praktek editing dan presentasi artikel yang diberikan oleh Dr. Rin Surtantini, M.Hum, dan Eko Santosa, S.Sn, peserta diajarkan untuk melakukan editing artikel terseleksi secara berpasangan, untuk kemudian dikomunikasikan kepada editor, dan didokumentasikan sebagai materi bimbingan bagi penulis.


Diadakannya Workshop Editing Artikel Jurnal Sendikraf diharapkan terpeliharanya tradisi ilmiah di lingkungan BBPPMPV Seni dan Budaya dengan pengelolaan dan penerbitan jurnal yang mengedepankan nilai-nilai perubahan bagi kepentingan institusional dan penjaminan mutu lembaga (Herlin).

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
 
 

Rss Factory Menu

 

Chat & Ikuti kami

Chat whatsapp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih