BBPPMPV SENI & BUDAYA

Webinar Peringatan Hari Batik Nasional BBPPMPV Seni dan Budaya

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
BBPPMPVSB

BALAI Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional Tahun 2021 menyelenggarakan Webinar secara virtual dengan tema “Batik Menguatkan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja” pada tanggal 4 Oktober 2021 dan dibuka secara resmi plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Dr. Saryadi, S.T., M.B.A.



Dalam sambutannya Saryadi menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah meluncurkan Progam Nasional Bangga Buatan Indonesia pada tanggal 14 Mei 2020 yang merupakan upaya untuk menggabungkan masyarakat, pemerintah, e-commerse, dan pengadaan pemerintah untuk bersama memulihkan kondisi ekonomi pasca pandemi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) ditunjuk sebagai manajer kampanye Progam Nasional Bangga Buatan Indonesia yang puncaknya akan dilaksanakan pada bulan November 2021 di Ambon, Maluku.


Kemedikbudristek dalam kampanyenya berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk mempromosikan kegiatan tersebut. Selain memberikan perhatian khusus kepada UMKM, Kemendikbudristek juga mempromosikan produk-produk hasil satuan pendidikan.

Dalam sambutannya Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. menyampaikan bahwa webinar ini merupakan kegiatan ke empat dari rangkaian peringatan Hari Batik Nasional. BBPPMPV Seni dan Budaya turut serta mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia khususnya batik yang merupakan warisan adiluhung yang harus kita lestarikan.

Dalam laporan persiapan pelaksanaan Kepala Tata Usaha BBPPMPV Seni dan Budaya Masrukhan Budiyanto, S.H., M.M. menyampaikan bahwa BBPPMPV Seni dan Budaya mengemban tugas dan fungsi membina secara substansial dan manajerial beberapa SMK yang membuka kompetensi keahlian desain dan produksi kreatif diantaranya keahlian batik dan tekstil di seluruh Indonesia, selain itu juga mengemban tugas secara moral untuk mengembangkan batik khususnya pengembangan batik melalui pendidikan agar batik tetap menjadi pengembangan kebudayaan Indonesia.

Pada peringatan Hari Batik ini BBPPMPV Seni dan Budaya menyelenggarakan berbagai acara yang dimulai dengan Pameran Batik hasil karya Widyaiswara, peserta diklat, dan siswa SMK, Tari Kolosal Gelar Batik, Fashion Show siswa SMK dan puncaknya adalah Webinar yang menghadirkan dari beberapa unsur yaitu Ditjen Vokasi, Praktisi, Industri, Pelestari Budaya, dan Media Massa yang dikemas dalam bentuk talkshow.

Kegiatan webinar ini menghadirkan nara sumber antara lain Project Director of Arief Rahman and Associate Prof. Dr. Arief Rahman, M.Pd. dengan tema “Upaya Menjaga Batik Sebagai Warisan Budaya Dunia”, Paguyuban Sekar Jagad Afif Syakur dengan tema “Tantangan dan Peluang Industri Kerajinan dan Batik Mengatasi Krisis Masa Pandemi”, Pemimpin Redaksi Kedaulatan Rakyat Drs. Octo Lampito, M.Pd. dengan tema “Peran Media dalam mempromosikan Seni Budaya Lokal (Batik) kepada masyarakat Nasional dan Internasional”

Sasaran peserta webinar adalah dari unsur pendidik, pemerhati pendidikan, praktisi batik, pemerhati batik, dan masyarakat umum. Dari hasil webinar diharapkan dapat memperoleh masukan-masukan terkait upaya pelestarian dan pengembangan batik sebagai warisan budaya bangsa agar terjaga keberadaannya. (Atur)

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
 
 
 

Chat & Ikuti kami

Chat whatsapp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih