BBPPMPV SENI & BUDAYA

Workshop Podcast BBPPMPV SB, Produksi Episode Perdana

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
BBPPMPVSB

KEHADIRAN Podcast (siniar) menjadi media baru dalam penyebaran informasi bersifat audio dan juga visual, untuk itulah Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menggelar kegiatan Workshop Pembuatan Podcast (Siniar) pada Selasa, Rabu dan Jumat (24,25,27/5/22). Bertempat di ruang Sidang Tengah Kantor Pusat, pembukaan dilakukan secara resmi oleh Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd., yang didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Masrukhan Budiyanto, M.M.

Dikatakan Masrukhan dalam laporan pelaksanaanya bahwa Podcast yang dimiliki oleh BBPPMPV Seni dan Budaya harus dikembangkan dengan baik, yang kedepan nantinya mampu Menghasilkan konten-konten dalam format video, terutama Podcast untuk diunggah dalam media sosial resmi BBPPMPV Seni dan Budaya.

Sementara itu Sarjilah mengungkapkan dalam sambutannya, bahwa dengan didukungnya peralatan podcast yang memadai, dengan Workshop ini mampu menghasilkan SDM yang berkualitas untuk menghasilkan paket-paket podcast dengan topik seni budaya dan ekonomi kreatif, namun tetap disampaikan dengan santai, sehingga mampu diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Mampu menjadi ajang untuk menyiarkan eksistensi Lembaga ke masyarakat, bahwa BBPPMPV Seni dan Budaya, telah melakukan banyak perubahan” ujarnya

Kegiatan Workshop Pembuatan Podcast ini diikuti oleh 10 peserta, dilingkungan Sub Koordinatoriat Rumah Tangga, Humas dan Persuratan. Pada Workshop ini menghadirkan narasumber eksternal yakni praktisi multimedia Heri Santosa, Agus Wenas Himawan dan Dhimas Anindito.

Beberapa materi diberikan kepada peserta selama 3 hari, diantaranya pra produksi menentukan judul/tema episode dan dituangkan pada rundown shooting, serta Instalasi system video, audio, lighthing dan visual pendukung.


Seluruh peserta terlihat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan, terbukti dengan adanya sesi diskusi di setiap sesinya.

Dikatakan Agus Wenas (Wewen) “Melakukan pertama kali pasti akan berat, dan sulit, namun jika podcast ini dilakukan secara rutin, maka semuanya akan terlihat enjoy-enjoy saja, semuanya hanya butuh jam terbang” Ujarnya

Memasuki hari kedua, peserta sudah terlibat dalam kegiatan praktik pengenalan alat dan dilanjutkan dengan simulasi pembuatan program.

Saat jalannya pelatihan, Sub Koordinator RT, Humas dan Persuratan, Janu Riyanto, M.Sn., turut Hadir menyaksikan jalannya Workshop Pembuatan Podcast, dirinya berharap dengan telah terbentuknya tim ini, kedepan nantinya mampu menayangkan karya-karya secara berkala, dan meminta agar Workshop kali ini mampu menghasilkan produksi tayangan perdana Podcast BBPPMPV Seni dan Budaya.

Setelah melalui beberapa materi mulai dari pembentukan tim, proses pembuatan rundown, hingga pengenalan alat, pada hari ke-3 peserta akhirnya melakukan produksi tayangan perdana yang bertajuk “Podcast Obsesi” Obrolan Seputar Vokasi, dengan menghadirkan narasumber perdana Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd. (Herlin).

 

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
 
 

Rss Factory Menu

 

Chat & Ikuti kami

Chat whatsapp dan ikuti kami di media sosial. Terima kasih