Bimtek Penyusunan Modul PBK

Berita
Typography

MODUL Pelatihan sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi guru kejuruan sehingga Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Persiapan Reviu dan Penyusunan Modul.


Kegiatan yang berlangsung di ruang sidang baru kantor pusat bertujuan untuk menyamakan persepsi tim review dan penyusunan modul tentang, pedoman, mekanisme dan tahapan serta jadwal penyusunan berbasis kompetensi. Kegiatan Bimbingan Teknis Persiapan Reviu dan Penyusunan Modul ini diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari editor substansi, desain instruksional dan bahasa, layout editor serta petugas administrasi.


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mengeluarkan kebijakan tentang Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) mampu menyediakan modul pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan peningkatan kompetensi bagi guru. Karena guru adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam sebuah ekosistem sekolah yang bertugas untuk melakukan transfer pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam proses pembelajaran.


Peningkatan kompetensi guru kejuruan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi berdasarkan analisis diperlukan 540 modul, dan pada tahun 2018 telah tersusun sebanyak 150 modul, walau dari 150 modul tersebut ada beberapa yang belum sesuai dengan pedoman penyusunan modul setelah melalui hasil evaluasi, untuk itulah diperlukan penyamaan perspersi terkait pedoman penyusunan modul PBK dan merumuskan mekanisme serta tahapan pelaksanaan penyusunan modul, agar kedepannya nanti tersedianya modul yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan kompetensi guru. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS