Program Darmasiswa Resmi Ditutup

Berita
Typography

Program Beasiswa Darmasiswa Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya resmi ditutup oleh Kepala Bagian Umum Drs. Joko Sarosa, M.Or. tanggal 28 Mei 2019. kegiatan yang berlangsung di Ruang Pameran dihadiri pula oleh Pejabat Struktural di lingkungan PPPPTK Seni dan Budaya. 

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Negara Botswana, China, Mesir, Iran, Belanda, Filipina, Polandia, Slovakia, mereka akan mempelajari program keahlian Batik dan seni tari. setelah melalui banyak pembelajaran akhirnya pada tanggal 28 Mei 2019 peserta darmasiswa yang terdiri dari 11 peserta resmi melakukan kegiatan penutupan dengan pameran hasil karya dari peserta program darmasiswa PPPPTK Seni dan Budaya.


Siang itu peserta diberikan kesempatan untuk menunjukkan hasil karyanya selama menempuh pendidikan di PPPPTK Seni Budaya, seperti desain batik yang dikombinasikan dengan fashion show, yang tentunya telah menghasilkan karya yang tidak kalah cantik dengan pertunjukkan karya dari seni tari. Ditampilkannya tarian gambyong, yang lengkap dengan riasan dan lengkap dengan busana tradisional, di bawah arahan dari Widyaiswara tari Drs. G.S. Darto, M.Sn mampu membuat penonton yang menyaksikan turut takjub dan terkesima.


Selama berada di PPPPTK Seni dan Budaya peserta telah mengikuti beberapa kali menjalani tahapan ujian, seperti pada ujian tahap kedua yang terlaksana pada 4 Februari 2019 lalu dibawah arahan dari Widyaiswara tari Dra. Lilin Candrawati Sukmaningsih, M.Sn, peserta berhasil mempraktekkan dan menampilkan tari kontemporer yaitu tari yapong yang melambangkan suka cita dan pergaulan dalam bermasyarakat.

Diklat Program Beasiswa Darmasiswa merupakan pemberian beasiswa oleh Negara Republik Indonesia kepada mahasiswa dari negara lain untuk mempelajari bahasa Indonesia, seni dan budaya Indonesia. Program ini dilaksanakan di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dan lembaga-lembaga pendidikan termasuk di PPPPTK Seni dan Budaya yang bertujuan untuk memperkenalkan bahasa Indonesia, seni dan budaya Indonesia kepada peserta, sehingga kemampuan dalam bekerjasama dan pemahaman budaya semakin meningkat, sehingga diharapkan PPPPTK Seni dan Budaya akan lebih dikenal ditingkat internasional.

Bekerjasama dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merancang program Darmasiswa RI secara reguler sebagai langkah awal untuk mempromosikan potensi seni dan budaya Indonesia ke berbagai negara dan sebagai ajang diplomasi bidang seni dan budaya melalui peserta program Darmasiswa, dan telah melakukan monitoring dan Evaluasi ke PPPPTK Seni dan Budaya, dan diharapkan melalui Program Darmasiswa RI ini dapat menjadi sarana untuk saling memahami perbedaan budaya dan menjadi ajang pertukaran seni budaya dan pengetahuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat internasional yang damai dan lebih baik. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS