Pustekkom Sosialisasikan Rumah Belajar

Berita
Typography

Memproduksi konten pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu dari tujuan diadakannya kegiatan Diseminasi Pemanfaatan Rumah Belajar untuk Pembelajaran Online oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya yang bekerjasama dengan Pustekkom Kemdikbud.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tanggal 12 juni 2019 ini dibuka secara resmi oleh Drs. Gatot Pramono selaku Kepala Bidang Multimedia., yang didampingi oleh kepala Bagian Umum PPPPTK Seni dan Budaya Drs. Joko Sarosa. M.Or.


Menurut Gatot dalam Pengarahannya yang diikuti oleh 50 peserta bahwa Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang mampu menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi serta interaksi antar komunitas, yang ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas, serta memproduksi konten pembelajaran secara jarak jauh dalam bentuk video dan web, yang bisa diakses tanpa harus bertatap muka langsung yang bisa dimanfaatkan oleh tenaga pendidik dan Kepala Sekolah.


Ditambahkan Gatot, dalam Rumah Belajar tersebut memiliki ribuan konten yang bisa dimanfaatkan secara maksimal walau pada kenyataannya Pembuatan Rumah Belajar pada awalnya berjalan kurang lancar karena belum dimanfaatkan dengan baik, oleh sebab itu bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diterbitkanlah surat edaran untuk lebih bisa memanfaatkan Rumah Belajar ke sejumlah instansi yang dipandang cukup mampu dalam membantu memanfaatkan keberadaan Rumah Belajar terlebih kepada tenaga pendidik. karena menurut Gatot Rumah Belajar adalah milik dari dunia pendidikan.


Dalam Rumah Belajar memiliki fitur-fitur seperti buku sekolah elektronik yang menyediakan buku sekolah mulai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK dengan standar nasional yang bisa dibaca bahkan diunduh secara gratis, termasuk dengan karya guru berupa materi ajar yang telah dikembangkan dalam multiplatform dan berbasis multimedia. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS