PPPPTK Seni dan Budaya Gelar Bimtek Sistem Layanan Informasi Perpustakaan

Berita
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Sistem Layanan Informasi perpustakaan. Kegiatan yang berlangsung 24 sampai dengan 26 Juni 2019 bertempat di ruang sidang baru kantor pusat diikuti oleh 24 orang.

Dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. Dalam sambutannya Daswatia memberikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap PPPPTK Seni dan Budaya karena memiliki perpustakaan yang telah terakreditasi B, dan juga gambaran perpustakaan yang berada di luar negeri, dimana pengunjung telah dimanjakan dengan teknologi yang ada, sehingga memudahkan pengunjung untuk lebih cepat dalam mencari dokumen yang diperlukan, seperti dalam bentuk kartu, dll. Dengan memberikan wawasan tersebut diharapkan perpustakaan yang ada di PPPPTK Seni dan Budaya akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik pula kedepan bagi pengunjungnya.


Kegiatan 3 hari tersebut menghadirkan narasumber Pustakawan Utama DPAD Provinsi DIY Drs. Budiono, SIP. yang memberikan wawasan tentang program Re-akreditasi perpustakaan yaitu bagaimana proses dan komponen-komponen yang harus disiapkan untuk akreditasi di PPPPTK Seni dan Budaya. Menurut Budiono untuk bisa meraih nilai A dalam akreditasi, banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari sisi pencahayaan dari sebuah perpustakaan, jumlah lampu, hingga kelembaban pun termasuk dalam penilaian akreditasi. Sehingga diharapkan bagi perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya khususnya yang telah memperoleh akreditasi B. untuk bisa meraih A, maka harus lebih memperhatikan aspek-aspek yang telah dipaparkan oleh Budiono. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Sri Endang Yektiningsih, SIP., dan Nugraha Hari Sulistya, S.PT sebagai narasumber yang memberikan materi seperti sistem pengolahan bahan pustaka berbasis SLIMs, dan pengelolaan koleksi studio teater.


Peserta selama mengikuti kegiatan tersebut dilatih pula bagaimana memasukkan data dokumen yang tersedia di masing-masing unit ke dalam sebuah aplikasi yang disebut SLIMs, yang bertujuan untuk mempercepat dalam proses pencarian, dan terlihat sangat antusias dalam mengikuti langkah demi langkah yang diajarkan, karena terbukti dengan banyak pertanyaan yang datang silih berganti untuk bisa berhasil masuk kedalam aplikasi SLIMs tersebut.


Bimbingan Teknis Sistem Layanan Informasi perpustakaan bertujuan untuk lebih menata dokumen yang tersedia di masing-masing studio yang terdapat di PPPPTK Seni dan Budaya untuk lebih terdata, sehingga diharapkan memberikan kemudahan bagi pengunjung dalam hal pencarian sebuah dokumen. Selain untuk lebih menata dokumen, perpustakaan PPPPTK Seni dan Budaya akan menggerakkan Pojok Baca dimasing-masing studio, yang akan meningkatkan minat literasi warga PPPPTK Seni dan Budaya khususnya. 

Berakhir 26 Juni 2019 yang ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Umum PPPPTK Seni dan Budaya Drs. Joko Sarosa, M.Or. yang mendukung sepenuhnya dengan kegiatan ini dan berharap ilmu yang telah didapat diterapkan di masing-masing unit untuk kemajuan lembaga kedepan. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS