Bimtek Penulisan Modul PBK

Berita
Typography

MENINGKATKAN wawasan dan kemampuan calon penulis dalam menulis modul pelatihan berbasis kompetensi adalah tujuan diadakannya kegiatan Bimtek Penulisan Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi penulis dan editor oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya.

Berlangsung 24 sampai 26 Juni 2019 diikuti oleh 57 peserta yang terdiri dari calon penulis dan editor dari widyaiswara, Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) dan beberapa praktisi. Kegiatan tiga hari tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala PPPPTK Seni Dan Budaya Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. yang didampingi oleh pejabat struktural.


PPPPTK Seni dan Budaya bertugas salah satunya untuk meningkatkan kompetensi guru kejuruan, dan sejak tahun 2018 pendekatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) telah digunakan sesuai dengan kebijakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.


Berdasarkan analisis unit kompetensi kebutuhan modul untuk seluruh kompetensi keahlian sebanyak 540 modul, dan pada tahun 2018 telah tersusun 149 modul, namun dari 149 modul tersebut terdapat beberapa modul yang belum sesuai dengan pedoman penulisan modul. Pada tahun 2019 PPPPTK Seni dan Budaya merencanakan kegiatan review dan penulisan modul, sehingga diharapkan dengan kegiatan Bimtek Penulisan Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi bagi penulis dan editor akan meningkatkan pemahaman terkait konsep, sistematika, dan mekanisme penulisan modul sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Standar Kompetensi Khusus (SKK) dan Standar Internasional. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS