Samakan Persepsi, PPPPTK Seni dan Budaya Gelar Rakor Program PKP

Berita
Typography

RAPAT Koordinasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) bagi Guru Seni Budaya melalui diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya.

Kegiatan yang berlangsung di tiga tempat dalam waktu yang hampir bersamaan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Dra. Daswatia Astuty, M.Pd. untuk wilayah timur yang berlokasi di Makasar, Kepala Bagian Umum PPPPTK Seni dan Budaya Drs. Joko Sarosa, M.Or. untuk wilayah tengah berlokasi di Yogyakarta dan Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi Drs. Rahayu Windarto, M.M. untuk wilayah barat yang berlokasi di Jakarta. Diikuti oleh Kepala Seksi Dinas Pendidikan yang menangani peningkatan kompetensi guru SMP dan satu orang operator data, rapat koordinasi program PKB melalui PKP bertujuan untuk menyempurnakan program kegiatan dan data peserta dan juga memetakan kebutuhan penyelenggaraan kegiatan baik dari segi Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Keuangan, sarana dan prasarana.


Dalam sambutannya di Jakarta Drs. Rahayu Windarto, M.M. mengatakan bahwa Peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan diwujudkan dalam bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan dimana pada tahun 2016 dengan Program Guru Pembelajar, tahun 2017 sampai 2018 dengan PKB dan pada tahun 2019 dengan PKB melalui peningkatan kompetensi berkelanjutan berbasis zonasi. Ditambahkan Rahayu PPPPTK Seni dan Budaya untuk program PKP meliputi wilayah nasional dengan sebaran guru seni budaya yang berada di 340 kabupaten, dengan jumlah sasaran Instruktur Nasional 1.010 orang guru seni budaya, komunitas guru 991 kelas dan guru sasaran sebanyak 16.280 guru seni budaya.


Dalam kegiatan yang berlangsung tiga tersebut peserta diberikan sasaran program diantaranya adalah pemaparan data sasaran program PKP yang menjelaskan mengenai data sasaran yang meliputi wilayah, kelompok kerja/komunitas guru, dan pemetaan calon instruktur nasional, sehingga diharapkan pelaksanaan program PKP guru seni budaya jenjang SMP dapat berjalan dengan lancar. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS