Rapat Pleno Penentuan Uji Kompetensi Teknis Melalui PTUK oleh BNSP

Berita
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya mengundang Badan Nasional Standarisasi Profesi (BNSP) untuk mengadakan Rapat pleno penentuan uji kompetensi teknis.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang sidang baru kantor pusat PPPPTK Seni dan Budaya dan diikuti oleh 18 asesi.


Saat ini Lembaga Serifikasi Profesi (LSP) P2 PPPPTK Seni dan Budaya baru memiliki kompetensi metodologi dan kesulitan mencari lembaga yang memiliki kewenangan untuk memberikan sertifikasi kompetensi pada seseorang dalam bidang seni dan budaya. Dari permasalahan tersebut, BNSP memberikan solusi berupa membentuk Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) yang melakukan uji kompetensi pada suatu bidang lembaga profesi yang belum mempunyai kewenangan untuk melakukan asesmen.


Uji kompetensi teknis melalui PTUK dilaksanakan dengan tiga tahapan yang meliputi tahap merancang perangkat asesmen, tahap melaksanakan asesmen, dan pleno penentuan keputusan hasil uji kompetensi. Pada tanggal 23 – 24 Juli 2019 tahap merancang perangkat asesmen dan tahap melaksanakan asesmen telah dilakukan. Selanjutnya kegiatan rapat pleno penentuan uji kompetensi teknis dilakukan pada tanggal 29 Juli 2019.


Rapat pleno dibuka secara resmi oleh Drs. Rahayu Windarto, M.M. selaku Pengarah kegiatan penentuan uji kompetensi teknis. Dalam sambutannya Drs. Rahayu Windarto, M.M berharap agar seluruh peserta asesor mampu memperoleh pengakuan kompetensi teknis dari BNSP. Rapat dipimpin oleh Cahya Yuana, S.Sos., M.Pd. selaku ketua Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan menghadirkan tiga master asesor yaitu Mulyanto, Heri Budoyo, dan Lamria Napitupulu.


Dari hasil rapat, sebanyak 18 asesi dari 10 skema level IV telah dinyatakan berkompeten. Hal tersebut tentunya telah sesuai dengan peraturan BNSP No 201 tahun 2014 yang menyatakan bahwa seorang asesor harus memiliki dua kompetensi yaitu kompetensi metodologi dan kompetensi teknis.(Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS