PPPPTK Seni dan Budaya Sukseskan Program PKP

Berita
Typography

MENCETAK guru inti yang kompeten dan profesional sebagai pengajar merupakan tujuan dan hasil yang ingin dicapai dari kegiatan Peningkatan Kompetensi pembelajaran (PKP) Guru Seni dan Budaya SMP yang diadakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya.

Terbagi menjadi 3 gelombang kegiatan PKP Guru Inti dikuti oleh guru-guru terpilih yang direkomendasikan oleh Dinas Pendidikan setempat yang berlangsung selama 7 hari lamanya. Dengan sasaran program diantaranya adalah integrasi PPK dan GLN dalam Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan Pengembangan pembelajaran berorientasi HOTS yang diberikan oleh narasumber dari Widyaiswara dan PTP dari PPPPTK Seni dan Budaya.


Dilatar belakangi guru profesional tugas utamanya adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik, sehingga memegang penting dalam menentukan prestasi peserta didik sehingga Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK Kemendikbud) lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional.


PKP berbasis zonasi ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas serta pemerataan mutu pendidikan dengan pendekatan kewilayahan, dengan langkah ini pengelolaan Pusat Kegiatan Guru (PKG) TK, Kelompok Kerja Guru (KKG) SD, atau Musyawah Guru Mata pembelajaran (MGMP) SMP/SMA/SMK, dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) dapat terintegrasi melalui zonasi pengembangan dan pemberdayaan guru. Zonasi yang dilakukan memperhatikan keseimbangan dan keragaman mutu pendidikan di lingkungan terdekat.


Menjadi salah satu tugas yang diemban oleh PPPPTK Seni dan Budaya untuk ikut mensukseskan program PKP Guru Inti Seni Budaya Jenjang SMP dengan model pemberian dana bantuan pemerintah kepada Dinas Pendidikan di Daerah yang selanjutnya disalurkan ke sekolah yang ditunjuk sebagai Pusat Belajar (PB). (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS