Workshop Penataan Arsip di Lingkungan PPPPTK Seni dan Budaya

Berita
Typography

Untuk meningkatkan kualitas mutu pengelolaan arsip Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya mengadakan kegiatan Workshop Penataan Arsip Dinamis. Kegiatan yang berlangsung 24-27 September 2019 diikuti oleh 38 peserta. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Umum Drs. Joko Sarosa, M.Or. berlangsung di Ruang Bima.


Pengelolaan arsip dinamis (arsip aktif dan inaktif) dirasa sangat urgent, hal ini untuk mengatasi terjadinya penumpukan arsip yang berada di masing-masing unit. Oleh karena itu upaya untuk melakukan penataan kembali dan penyusutan arsip perlu dilakukan, agar informasi penting dan strategis yang dibuat oleh pimpinan lembaga dapat diselamatkan, disimpan dan dimanfaatkan secara efisien dan efektif.


Dihadiri oleh beberapa narasumber dan verifikator diantaranya Suradi, S.E., M.M., Indah Cahyaningsih, A.Md, yang berasal dari Bagian Umum dan Kerjasama Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Djuwita Sari, S.Sos., M.AP., Bambang Handoyo, S.Pd,M.M. Etti Widiyawati dan Sunarsih sebagai arsiparis dari Biro Umum Kemendikbud.


Penataan arsip di Lingkungan PPPPTK Seni dan Budaya diadakan berdasarkan pada Peraturan diantaranya adalah Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan Undang-Undang RI No. 43 tahun 2009 tentang Kerasipan, dan Permendikbud RI No. 60 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Arsip dan dokumentasi serta Informasi Publik di Lingkungan Kemendikbud.


Tujuan dari kegiatan Workshop Penataan Arsip Dinamis antara lain adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan staf dalam penataan arsip di unit kerja masing-masing, memudahkan dalam penemuan kembali arsip dengan meningkatkan efisiensi kerja dan mampu menjaga keamanan arsip dengan baik, sehingga pencarian arsip di lingkungan PPPPTK Seni dan Budaya dapat lebih mudah dan cepat untuk ditemukan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. (Herlin)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS