MENTERI Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA berkunjung ke Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya pada Senin, 18 November 2019, untuk menjaring masukan dari para guru seni dan budaya di wilayah DIY.

Dr. Iwan Syahril Ph.D (tiga dari kanan) saat melihat patung karya guru seni budaya, didampingi Kepala PPPPTK Seni dan Budara Dr. Sarjilah M.Pd

PENDIDIKAN seni budaya tidak boleh termarginalkan. Ini sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara, yakni esensi yang perlu disasar dari pendidikan itu budi pekerti. Budi pekerti ini didefinisikan sebagai cipta, rasa dan karsa. “Itu yang sekarang kita sebut holistic education. Ini menjadi pondasi pendidikan yang telah dikembangkan Ki Hajar Dewantara dan sekarang harus mulai kita gunakan lagi karena pendidikan itu harus holistic, kalau tidak, nanti akan timpang,” ungkap Staf Khusus Mendikbud Bidang Pendidikan dan Pengembangan Profesi Guru Dr. Iwan Syahril, Ph.D saat berkunjung ke PPPPTK Seni dan Budaya, belum lama ini.

Panitia Pekan Pendidikan Jogja saat menggelar Konfrensi Pers

DALAM rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud DIY kembali menggelar serangkaian kegiatan pendidikan dan kebudayaan bertajuk Pekan Pendidkan Jogja 2019 pada 1-4 Mei 2019, dipusatkan di Museum Benteng Vredegurg Yogyakarta.

Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Sarjilah M.Pd ikut mengarahkan peserta dalam workshop batik

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta ikut ambil bagian dalam Festival Indonesia 2019 yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Elizabeth Quay, Perth, Jumat (25/10) hingga Minggu (27/10) dengan mengenalkan batik, tari tradisional dan karawitan.

UNIT Layanan Terpadu Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah resmi diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2019 di Aula Ki Hadjar Dewantara PPPPTK Matematika. Peresmian dilakukan Koordinator UPT Kemendikbud di DIY Dr. Dra. Daswatia Astuty dengan pengguntingan pita bunga.

Artikel Selanjutnya...