ULT Kemendikbud di DIY Diluncurkan

P4TKSB
Typography

UNIT Layanan Terpadu Kementrian dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah resmi diluncurkan pada tanggal 12 Agustus 2019 di Aula Ki Hadjar Dewantara PPPPTK Matematika. Peresmian dilakukan Koordinator UPT Kemendikbud di DIY Dr. Dra. Daswatia Astuty dengan pengguntingan pita bunga.

Launcing ULT Kemendikbud di DIY itu dihadiri para kepala UPT Kemendikbud di DIY, pelanggan, mitra kerja dan sejumlah pejabat dari Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud.
Daswatia Astuty mengungkapkan, sebelumnya 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemendikbud yang ada di DIY telah melakukan pelayanan publik di kantornya masing-masing. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memberikan kemudahan pada masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, permohonan informasi dan permohonan pelayanan publik, maka 11 UPT Kemendikbud di wilayah DIY membentuk sebuah unit yang akan memberikan layanan tersebut di atas secara terpadu.
Pembentukan ULT Kemendikbud di DIY ini juga mengacu pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dan Peraturang Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu. Diharapkan dengan pembentukan ULT ini, UPT Kemendikbud di DIY dapat mengelola pelayanan publik secara professional.
Adapun 11 UPT Kemendikbud di DIY yang membentuk ULT itu terdiri dari, (1) Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika sebagai koordinator UPT; (2) PPPPTK Seni dan Budaya; (3) LPMP DIY; (4) Museum Benteng Vredeburg; (5) Balai Bahasa; (6) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan; (7) Balai Pelestarian Cagar Budaya; (8) Balai Arkeologi; (9) Balai Pelestarian Nilai Budaya; (10) BP-PAUD dan DIKMAS; dan (11) SEAMEO QITEP in Mathematics
Sedangkan tugas dan fungsi ULT tersebut adalah memberikan layanan kepada pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan serta masyarakat yang ingin mendapatkan informasi, menyampaikan aspirasi/pengaduan dan pengurusan perijinan serta jenis layanan lainnya. Mengkoodinasikan unit kerja/UPT yang memiliki layanan kepada masyarakat
Insan Yudanarto M Pd selaku koordinator ULT Kemendikbud di DIY, mengatakan publik atau masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk mendapatkan pelayanan. Ada 14 jenis layanan di ULT ini, terdiri dari Permohonan Informasi, Pengaduan, Layanan Diklat Berbasis Kerjasama, Kunjungan Museum, BIPA (Bahasa Indonesia Untuk Penutur Bahasa Asing), Ahli Bahasa, Perpustakaan, UKBI (Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia, Bioskop Keliling (Bioling), Perizinan dan Pengembangan,  Kemitraan Radio Edukasi, Fasilitasi Kunjungan, Kunjungan dan Penyewaan Fasilitas.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS