PPPPTK Seni dan Budaya Ikut Festival di Australia

P4TKSB
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya Yogyakarta ikut ambil bagian dalam Festival Indonesia 2019 yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Elizabeth Quay, Perth, Jumat (25/10) hingga Minggu (27/10) dengan mengenalkan batik, tari tradisional dan karawitan.

 

Tim PPPPTK Seni dan Budaya yang dipimpin langsung kepalanya, Dr Sarjilah MPd didampingi Kasi Evaluasi Sri Wahyuningsih MPd menggelar workshop batik dan tari bagi pengunjung yang mengikuti setiap tahapan yang dipandu wisyaiswara batik Sri Herlina MSi dan Widarwati MSn serta widyaiswara tari GS Darto MSn dan Daryanto MSn.
Pengunjung pun sangat antusias mencoba membatik dengan canthing dan memperagakan tari tradisional dengan gekan-gerakan yang lemah gemulai. Nuansa tradisional Jawa pun sangat kental dengan tampilnya cokekan dibawakan widyaiswara karawitan Kartiman MSn dan Sido Mardowo MPd.
Sebelumnya juga Tim PPPPTK Seni dan Budaya juga menggelar workshop batik yang diikuti 480 siswa dari sekolah-sekolah yang berada di Perth. “Ini adalah kesempatan berharga untuk mengenalkan dan mempromosikan kekayaan seni dan budaya Indonesia kepada warga Australia. Mereka sangat tertarik dan kagum dengan keanekaragaman seni budaya kita,” ungkap Sarjilah.
Festival yang diselenggarakan untuk mengenalkan keragaman budaya Indonesia sekaligus peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Australia itu dibuka duta besar Indoneaia untuk Australia Kristanto Legowo. Festival diikuti 250 komunitas terdiri atas stand Pemda, Kemendikbud, sanggar, kelompok musik, perusahaan dan kuliner Indonesia.
Kristanto menjelaskan, selain untuk mempererat persahatan Indonesia-Australia, festival juga dimaksudkan untuk memudahkan kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan dan bidang-bidang lainnya. “Berbagai ragam seni dan budaya Indonesia juga ditampilkan di festival kali ini dengan tujuan agar warga Australia yang ada di Perth ini bisa mengenal lebih jauh tentang seni dan budaya Indonesia dan dengan mengenal maka akan bisa tertarik untuk datang ke Indonesia,” ungkapnya. (Janu)

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS