PPPPTK Seni dan Budaya Berperan dalam Penanggulangan Bencana

P4TKSB
Typography

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya berperan dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Sleman dengan menandatangani MoU bersama SMP Muhammadiyah Pakem, Sleman yang dikukuhkan sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB).

Penandatangan MoU langsung dilakukan Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Sarjilah, M.Pd dan Kepala SMP Muhammadiyah Pakem Eka Andriyati, S.H pada Selasa (28/1) di Halaman SMP Muhammadiyah Pakem. Penandatanganan ini disaksikan Wakil Bupati Sleman Dra. Hj. Sri Muslimatun, M.Kes.

Pada kesempatan itu, Sri Muslimatun mewakili Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman juga mengukuhkan SMP Muhammadiyah Pakem sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dengan menyerahkan Surat Keputusan (SK).

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto, pembentukan SPAB di SMP Muhammadiyah Pakem merupakan salah satu kegiatan penguatan kelembagaan masyarakat dalam pengurangan resiko bencana di tahun 2020. Disamping sebagai wujud kesiapsiagaan warga sekolah dalam menghadapi ancaman bencana.

Sedang Sri Muslimatun menyampaikan apresiasinya atas pengukuhan SMP Muhammadiyah Pakem sebagai SPAB. Menurutnya, tidak ada cara dalam mengatasi risiko bencana kecuali melakukan mitigasi. Mitigasi bencana khususnya erupsi Gunung Merapi ini, tidak lepas dari peran penting jaringan dan komunitas.

Pada akhir acara dilakukan simulasi penanggulangan bencana saat terjadi erupsi Gunung Merapi. Para siswa SMP Muhammadiyah Pakem dievakuasi oleh tim dari sekolah bersangkutan bersama pihak-pihak terkait dan dibawa ke PPPPTK Seni dan Budaya sebagai penyangga.

 

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS