Sidebar

14
Jum, Agu

Diklat Selaras Tingkatkan Kompetensi di Masa Covid-19

Berita
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

PUSAT Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Seni dan Budaya menggelar Diklat Pengembangan Media Pembelajaran Daring “Selaras” (Semua Belajar Cerdas) belum lama ini. Dibuka secara resmi oleh Kepala PPPPTK Seni dan Budaya Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd.

Dalam sambutannya Sarjilah menyatakan, salah satu tujuan Diklat Selaras adalah untuk meningkatkan kemampuan pembuatan media pembelajaran secara mandiri yang dikembangkan oleh PPPPTK Seni dan Budaya untuk mendukung tugas dan pokok pendidik dan tenaga kependidikan di daerahnya masing-masing di tengah pandemi Covid -19 yang mengharuskan kita Bekerja dan Belajar dari rumah.

Berlatar belakang kondisi dunia pendidikan 4.0 yang masih jauh dari harapanlah Selaras menjadi salah satu Diklat yang digagas di tengah dampak Covid-19. Terasa dalam lini dunia pendidikan kesenjangan yang terjadi diantaranya kesenjangan konten, dimana jika dilihat banyak sekali konten-konten yang bisa diangkat menjadi kebutuhan pembelajaran, akan tetapi pada kenyataannya belum bisa terangkat sepenuhnya menjadi media pembelajaran yang menarik.


Selain terkendala konten, minimalnya media bahan ajar guru juga merupakan kesenjangan yang terjadi di dalam dunia pendidikan. Diklat Selaras PPPPTK Seni dan Budaya dilaksanakan untuk menambah jumlah persentase kompetensi TIK Guru yang siap memanfaatkan teknologi.


Tujuan terselenggaranya Diklat Daring Selaras ini untuk membantu guru dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran daring guna mendukung program Belajar Dari Rumah. Dimana materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan guru dan kesiapan fasilitator.


“Bukan hanya melalui WhatApp group tetapi kegiatan belajar dari rumah dihubungkan juga dengan aplikasi-aplikasi seperti webex, google classrom”,ujar Koordinator Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) Suharjito, M.Sn.


Ditambahkan Suharjito, antusias yang terlihat dengan adanya Diklat ini terbukti dari jumlah peserta yang mendaftar selama dua hari pembukaan. “Dengan dua hari dibuka, peserta yang mendaftar 547 guru yang berasal dari semua jenjang baik SD, SMP, SMA dari seluruh indonesia”.
Dalam kegiatan Selaras peserta diberikan materi pengembangan dan pembuatan presensi online dengan berbasis aplikasi online, Pengembangan Media Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Cisco Webex/Zoom.


Narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Dr. Dra. Sarjilah, M.Pd., Suharjito, S.Sn, M.Sn., Dra. Gusyanti, M.Pd, Dani Widi Nugroho, S.ST., M.T. Budi Saptoto, S.Pd., M.Pd, Urip Wahyono, S.Sn., M.Sn. M. Agung Widodo, S.T., M.Pd. yang terbagi tiga kelompok Selaras dengan moderator Tri Widi Rahmanto, S.Pd., M.Pd. Bagus Aries Sugiharta, S.S., M.A., dan Feti Anggraeni, S.Ant., M.A. (Herlin).