BBPPMPV Seni dan Budaya...

BBPPMPV Seni Budaya Gelar Diklat Penggunaan Google

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
Berita

BALAI Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan Diklat Daring Penggunaan Google untuk Pembelajaran pada 12 s.d. 16 April 2021 bertempat di rumah masing-masing. Diklat diikuti 365 orang guru SD, SMP dan SMA/SMK dengan pengajar widyaiswara dan PTP BBPPMPV Seni dan Budaya.


Pilihan Google sebagai sarana pembelajaran dikarenakan Google sudah banyak diketahui banyak orang. Namun masih banyak yang belum memanfaatkan dengan maksimal dalam proses pembelajaran. Masih banyak guru yang memanfaatkan Google sebagai search engine saja, padahal Google menyediakan beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran.


Google sangat relevan dengan pola pembelajaran abad 21. Selain penyedia sumber belajar digital, Google banyak memproduksi aplikasi yang bisa mendukung proses pembelajaran kolaboratif. Google juga menyediakan aplikasi untuk mendukung proses pembelajaran dan penilaian jarak jauh. Dengan menggunakan Google proses pembelajaran akan jauh lebih variatif.


Pelatihan pembelajaran dengan menggunakan Google ini adalah pembelajaran bagi pemula. Pada pembelajaran ini peserta dikenalkan beragam aplikasi pembelajaran di Google. Tentu tidak hanya pengenalan saja, peserta dibimbing untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut. Harapannya selesai mengikuti pelatihan, peserta bisa mengimplementasikan pelatihan di ruang kelas masing-masing.


Tujuan dari diadakannya pelatihan tersebut diharapkan seorang pendidik dapat memahami perbedaan antara Google Workspace for Education dan dapat menerapkan berbagai aplikasi yang ada di Google Workspace for Education untuk mendukung proses pembelajaran.


Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini, peserta dapat memahami platform Google Workspace for Education; menggunakan Google Drive untuk penyimpanan file pembelajaran yang aman dan juga bagaimana membagikan file melalui Google Drive; dapat menggunakan aplikasi Google Docs dan Slide untuk mendukung proses pembelajaran personal maupun kolaboratif; Google Sheet untuk kerja personal dan kolaboratif; Google Classroom dan Google Meet untuk proses pembelajaran; Google Calendar sebagai alat penyusunan jadwal dan penugasan; Google Form untuk survey dan tes online. (Heni)

Bagikan konten ini
0
Dibagikan

Ikuti kami

Klik tombol untuk mengikuti media sosial dan chat Whatsapp. Terima kasih