BBPPMPV Seni dan Budaya...

BBPPMPV Seni dan Budaya Gelar Diklat Daring 3 Kompetensi

Bagikan konten ini
0
Dibagikan
Diklat

BALAI Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan Diklat Daring Peningkatan Kompetensi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya yang meliputi Animasi Berbasis Graphic Interchange Format, Pembentukan Keramik dengan Teknik Pijit dan Seni Musik SMP pada 3-15 Agustus 2020.

Diklat dibuka secara resmi oleh Koordinator Fasilitasi dan Penjaminan Mutu BBPPMPV Seni dan Budaya Drs. Rahayu Windarto, M.M. Windarto pada sambutannya menyatakan, BBPPMPV Seni dan Budaya mempunyai tugas meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan melalui beragam model, pola dan platform sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Menurutnya, tuntutan untuk peningkatan kompetensi bagi para guru adalah sebuah keniscayaan yang harus dilaksanakan karena perubahan ini tidak akan berhenti dan tidak abadi yang memang harus diikuti agar kita tidak tertinggal. “Dalam masa pandemi Covid-19 ini menuntut kita untuk lebih kreatif dalam melakukan peningkatan kompetensi karena format-format yang selama ini kita lakukan misal dengan cara tatap muka tidak bisa kita lakukan maka pendekatan atau format hari ini adalah pembelajaran jarak jauh,” paparnya.


Diklat daring itu dilatarbelakangi karena di masa pandemi Covid-19 melahirkan budaya kenormalan baru (New Normal) di mana protokol kesehatan harus dipatuhi sehingga diklat jarak jauh menjadi satu pilihan. Selain itu, jaringan dapat digunakan untuk berbagai keperluan pendidikan terutama dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan di era revolusi industri 4.0 di mana internet of things adalah keniscayaan.


Tujuan kegiatan Diklat Animasi Berrbasis Graphic Interchange Format adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memproyeksikan Animasi Berbasis Graphic Interchange Format sebagai dukungan peningkatan performansi dalam pembuatan media pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru dalam pemanfaatan jaringan dan media Animasi Berbasis Graphic Interchange Format untuk kepentingan pembelajaran.


Tujuan kegiatan Diklat Pembentukan Keramik adalah memberikan pemahaman awal tentang proses pembentukan keramik dan mempraktikkan pembuatan keramik dengan teknik pijit menggunakan bahan tanah liat atau substitusinya yang tersedia di sekitar agar lebih kontekstual. Sedangkan tujuan Diklat Seni Musik SMP adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membaca notasi musik, keterampilan memainkan isntrumen musik, serta metode Kodaly Hand Signs sebagai dukungan peningkatan performansi dalam pembelajaran.


Sasaran peserta Diklat Animasi Berbasis Graphic Interchange Format adalah 17 orang guru seni dan budaya dari berbagai jenjang SMP, SMA, dan SMK; sasaran peserta Diklat Pembentukan Keramik adalah 19 orang guru kejuruan kompetensi Kriya Kreatif Keramik, guru seni budaya, guru prakarya ataupun guru kelas; sedangkan sasaran peserta Diklat Seni Musik SMP adalah 21 orang guru Seni Budaya SMP semua aspek (Seni Rupa, Seni Musik, Seni Tari, dan Seni Teater)


Nara sumber yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Drs. Rahayu Windarto, M.M., Drs. Noor Widijantoro, M.Pd., Bowo Dwi Ariyanto, S.Sn., M.T., Sugiya, S.Pd., M.Sn., Drs. M. Fajar Prasudi, M.Sn., Rohmat Sulistya, M.Sn dan Andit Kartika, S.Sn., M.Pd. (Atur)

Bagikan konten ini
0
Dibagikan

Ikuti kami

Klik tombol untuk mengikuti media sosial dan chat Whatsapp. Terima kasih