Sidebar

14
Jum, Agu

Bahan kulit samak ini yang berkaitan dengan manfaat dan fungsinya dapat digunakan sebagai bahan baku untuk produk  kriya kulit program kreatifitas dan inovasi produk unit produksi studio kulit. Baik mengenai wawasan ilmu terapan maupun sosial ekonomi mereka yang merupakan manfaat   utama dari bahan baku kulit tersamak sebagai pengembangan produk kreatif dan inovatif.

Selengkapnya: Kulit Samak sebagai Dasar Penciptaan Produk Kreatif dan Inovatif Kriya Kulit

Mengenal Karakteristik peserta didik salah satu bagian dari beberapa tuntutan atas kemampuan pedagogi yang harus dikuasai Profesi Guru. ini bertujuan untuk menemukan dan membantu guru dalam merencanakan pembelajaran yang baik di ruang kelas. kemampuan guru pada kompetensi memahami karakteristik peserta didik juga menjadi bahan materi ajar yang akan di uji bagi guru yang akan mengikuti PLPG untuk mendapatkan sertifikasi guru. Aspek-aspek apa saja, yang harus dipahami guru untuk mengenali potensi peserta didik. Dengan Hasil Kajian kepustakaan yang di tulis ini, diharapkan dapat membantu guru memahami setiap aspek-aspek karakteristik tersebut.

Selengkapnya: Mengenal Karakteristik Peserta Didik

Dalam kurikulum 2013 terdapat pelajaran Prakarya yang wajib dilaksanakan oleh satuan pendidikan dari berbagai jenjang, mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. Melihat posisinya pada struktur kurikulum yang ada pada kelompok wajib maka pelajaran Prakarya tentu mempunyai peranan penting dalam mengembangkan potensi peserta didik dalam proses penyiapan masa depannya. Penempatan pada posisi wajib tentu tidak serta merta menjadikannya mudah untuk diterapkan di setiap jenis dan jenjang pendidikan, khususnya pada jenjang SMP, SMA dan SMK. Berbagai kesulitan dan hambatan siap menghadang pelaksanaan pembelajaran Prakarya ini, namun demikian pendidik harus memiliki keberanian untuk melaksanakannya karena bersifat wajib.

Selengkapnya: Bergunakah Pelajaran Prakarya bagi Siswa?

Batik adalah kain tekstil hasil pewarnaan celup-rintang menurut ragam hias khas batik Indonesia dengan menggunakan lilin batik sebagai perintang warna. Batik mengandung nilai keindahan visual dan keindahan makna. Keindahan visual dapat dinikmati melalui fungsinya ,sedazngkan keindahan makna mengandung kearifan yang dapat dinikmati melalui ‘rasa’. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ciri-ciri desain batik kawung klasik dan batik kawung modern dan menjelaskan mengapa terdapat perbedaan antara desain batik kawung klasik dan batik kawung modern.

Selengkapnya: Perbedaan Desain Batik Kawung Klasik dan Batik Kawung Modern

Learning portfolio merupakan salah satu strategi yang dipilih untuk dapat diterapkan dalam sebuah paket diklat. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui kemajuan hasil belajar peserta diklat melalui strategi learning portfolio.

Selengkapnya: Learning Portfolio dalam Pembelajaran Diklat

Manajemen pendidikan yang diterapkan di lingkungan internal sistem persekolahan hanyalah sebagian dari tanggung jawab kepala sekolah sebagai manajer pendidikan. Para pengelola pendidikan (kepala sekolah, kepala dinas pendidikan) sebagai eksekutif modern saat ini harus mampu mengamati dan merespons segenap tantangan yang dimunculkan oleh lingkungan eksternal baik yang dekat maupun yang jauh. Lingkungan eksternal dekat adalah lingkungan yang mempunyai pengaruh langsung pada operasional lembaga pendidikan, seperti berbagai potensi dan keadaan dalam bidang pendidikan yang menjadi konsentrasi usaha sekolah itu sendiri, situasi persaingan, situasi pelanggan pendidikan, dan pengguna lulusan. Kesemuanya berpengaruh pada penentuan strategi yang diperkirakan mendukung sekolah mencapai tujuannya. Lingkungan eksternal yang jauh adalah berbagai kekuatan dan kondisi yang muncul di luar lingkungan eksternal yang dekat meliputi keadaan sosial ekonomi, politik, keamanan nasional, perkembangan teknologi, dan tantangan global. Secara tidak langsung berpengaruh terhadap penyelenggaraan sistem pendidikan di suatu sekolah.

Selengkapnya: Manajemen Strategik dalam Pendidikan

Artikel Selanjutnya...